Senin, 03 Agustus 2015

Lime Candy




Lime Candy alias Satru Asem.

Ini permen jadul. Jaman saya kecil dulu bentuknya bunga atau sepatu. Warnanya bermacam-macam dan mencolok sekali.

Maksud hati ingin bikin yang warna warni agar lebih menarik. Tapi karena suami kurang menyukai penggunaan pewarna, jadinya saya hanya bikin putih dan pink, itupun pewarnanya cuma 2 tetes.

Ada cetakan khusus untuk membuatnya. Bentuknya seperti talenan kayu yang berlubang. Jadi adonannya di cetak di lubang-lubang itu, ditekan sampai padat kemudian untuk mengeluarkannya musti digetok-getok.

Karena saya belum memiliki cetakannya, saya akalin dengan cetakan praline. Pertama saya coba dengan cetakan pralin yang silicone, tapi jadi pecah ketika dikeluarkan. Kemudian saya coba dengan cetakan praline yang mika. Bisa dikeluarkan tapi harus dicongkel, ini yang membuat hasilnya tidak serapi jika menggunakan cetakan kayu.

Bahan
- 150 gr gula halus, ayak.
- 2 sdt air jeruk nipis.
- pewarna secukupnya.
- parutan kulit jeruk nipis secukupnya.

Sebenarnya tidak ada takaran yang baku dalam resep ini.
Resep asli tidak menggunakan kulit jeruk. Tapi disini saya tambahkan sebagai aromatik dan tekstur saja.


Cara Membuat
1. Campur semua bahan. Aduk hingga benar-benar rata, sampai tidak ada yang menggumpal. Adonannya sedikit lembab berbulir-bulir seperti adonan kue satru kacang hijau. Jika adonan terasa lengket dan basah bisa ditambah gula halus.
2. Kemudian isikan ke dalam cetakan dengan cara menekan-nekan sampai padat. Semakin kuat dan padat akan semakin bagus.
3. Keluarkan dari cetakan. Dan jemur selama 30 menit.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar